PENYULUHAN KESEHATAN DAN SCREENING KESEHATAN 2024

Kal.Salam 02 Agustus 2024 11:21:39 WIB

Salam-SID; Pemerintah Kalurahan mengadahan program penyuluhan Kesehatan terkait dengan posyandu, dan kesehatan remaja yang menjadi narasumber adalah Bapak Imam Priyono dari DPRD DIY, Ibu Setya Rini Skmmph adinkes DIY, Dr Kurniyawati sebagai Kepala Seksi pengemdalian Penyakit dari Dinkes DIY, yang dihadiri oleh Karangtaruna, Kader Kesehatan, Tokoh Masyarakat dan Pamong Kalurahan Salam bertempat di Balai Kalurahan Salam Jumat (2/8)

Dalam sambutannya, Bapak Imam Priyono; Posyandu sebagai wadah partisipasi masyarakat yang bertugas membantu Lurah dalam peningkatan pelayanan social dasar termasuk bidang kesehatan. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan Posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Kedepannya Posyandu diperuntukkan untuk seluruh sasaran siklus hidup, yaitu: ibu hamil dan menyusui; bayi dan balita; usia sekolah dan remaja, serta usia produktif dan lanjut usia. Melalui Posyandu, layanan sosial dasar bidang kesehatan untuk seluruh siklus hidup menjadi lebih dekat ke masyarakat.

Ibu Setya Rini Skmmph dari adinkes DIY mengatakan; Penyuluhan kesehatan dilakukan oleh kader, dengan kegiatan penyuluhan kesehatan sesuai dengan sasaran siklus hidup yang dilayani, diantaranya:

  1. Pada balita: pemberian makanan penyuluhan kaya protein hewani, edukasi pemantauan tanda bahaya.
  2. Pada remaja, usia produktif, dan usia lanjut: pemberian edukasi aktifitas fisik, pentingnya deteksi dini (cek kesehatan), pencegahan anemia, bahaya rokok dan NAPZA, edukasi risiko penyakit Obesitas, Hipertensi, Diabetes, dan TBC.  
  3. Pelayanan Kesehatan

Dr Kurniyawati sebagai Kepala Seksi pengeNdalian Penyakit dari Dinkes DIY menyampaikan jika Remaja merupakan generasi penerus bangsa perlu dipersiapkan menjadi manusia yang sehat dan berkualitas, namun masih banyak dijumpai permasalahan kesehatan anak terutama pada usia remaja. Secara garis besar, masalah kesehatan remaja disebabkan oleh pengaruh lingkungan yang buruk, minimnya informasi yang tepat serta kurangnya fasilitas kesehatan yang komprehensif dan ramah remaja. oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan. Dinkes DIY melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan dan screening kesehatan yang dilaksanakan tanggal 2 Agustus 2024 di Balai Kalurahan Salam. Kegiatan ini dimotori oleh Bapak Imam Priyono selaku Anggota Dewan DPRD Prov DIY.

adapun kegiatan diakhiri dengan pembagian peralatan Posyandu dari Gusti Bendoro

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Padukuhan

1. BARAN 2. GUNUNGMANUK 3. NGASEMAYU 4. SALAM 5. TROSARI 6. WADUK